Wednesday, April 12, 2017

Instrumen Verifikasi Aplikasi Mobile Takola SD Pengganti Mekanisme Proposal Penerima Bantuan RKB Rehabilitasi, Perpustakaan, dan Sanitasi

Inilah Instrumen Verivikasi Aplikasi Mobile Takola SD Pengganti Mekanisme Proposal Penerima Bantuan RKB Rehabilitasi, Perpustakaan, dan Sanitasi - Pada kesempatan ini www.librarypendidikan.com, akan berbagi tentang seputar Instrumen Verivikasi Mobile Takelola (Tata Kelola) SD ini merupakan sebagai mekanisme pengganti propsal yang berhak menerima bantan yaitu berupa RKB (Ruang Kelas Baru), Rehabilitasi, Perpustakaan, dan Sanitasi. TAKOLA (Tata Kelola) merupakan pendataan banguna sekolah dengan menggunakan sistem aplikasi yang namanya TAKOLA. Berbeda dengan sebelumnya yaitu melibatkan konsultan, tetapi sekarang pemerintah melibatkan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang ditunjuk lansung oleh pemerintah. Yang dalam pelaksanaannya yaitu memverifikasi, pengajuan, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Pada tahun 2016 Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis program Tata Kelola Sekolah Dasar (Takola SD). Program Takola SD ini merupakan salah satu bagian dari reformasi birokrasi yang dicanangkan Kemdikbud dalam hal pengelolaan penyaluran bantuan ke Sekolah Dasar dari dana yang bersumber dari APBN. Dengan adanya program Takola SD diharapkan keakuratan data calon penerima bantuan sehingga penyaluran dana lebih tepat sasaran.

Untuk mempermudah dalam pelaksanaan program tersebut Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar mengembangkan aplikasi berbasis android yang bernama Takola SD. Aplikasi Tata Kelola Sekolah Dasar (TAKOLA SD) ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu verifikator yang bertugas dilapangan untuk memverifikasi data penerima bantuan rehabilitasi, perpustakaan maupun ruang kelas baru sebagai pengganti mekanisme proposal.
Para verifikator yang bertugas melakukan survey ke lapangan atau Sekolah Dasar yang telah ditentukan, diharuskan menggunakan handphone atau gadget android yang telah diinstal aplikasi Takola SD, yang mana setiap verifikator memiliki username dan password masing-masing untuk bisa masuk kedalam aplikasi ini.

Setelah melakuakn login dengan memasukkan username dan password masing-masing, maka setiap verifikator akan mendapatkan lokasi Sekolah Dasar yang telah ditentukan untuk dilakukan survey yang mana materi survey juga berbeda antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya.

Alhamdulillah Aplikasi Takola SD resmi atau versi lengkap yaitu versi 1.0.0 stable sudah diluncurkan dan sudah bisa digunakan walau masih dalam pengembangan, saat ini Aplikasi Takola SD yang tersedia masih versi bimbingan teknis yaitu dari guru-guru SMK.

Unduh >>> PENGAMATAN APLIKASI MOBILE TAKOLA SD DITJEN PSD + Animation



Unduh Juga File Penting lainnya di bawah ini .
RKB (RUANG KELAS BARU)

REHABILITASI

SANITASI

PERPUSTAKAAN

Atau bisa juga untuk mendapatkan aplikasi Takola SD ini dapat diunduh pada situs portal Takola SD di http://takola.ditpsd.net/

Demikian yang bisa dipoting pada kali ini. Semoga bermanfaat. Amin

0 comments:

Post a Comment