Tuesday, July 4, 2017

Program MOPD/MOS Tahun Pelajaran 2017/2018

Tahun ajaran 2017/2018 telah  tiba, penerimaan siswa baru kembali terjadi. Kegiatan penerimaan siswa baru ini secara otomatis melahirkan sebuah program wajib yang harus dilaksanakan setelah proses pelaksanaan penerimaan siswa baru. Kegiatan itu adalah Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD).
MOPD merupakan suatu kegiatan orientasi/pengenalan siswa baru terhadap kondisi sekolah barunya. Kegiatan itu berisi pemberian informasi tentang kondisi dan budaya sekolah. Hal ini dimaksudkan agar siswa baru mendapatkan informasi awal situasi sekolah untuk kelancaran pembelajaran selanjutnya.
Dalam pelaksanaannya, MOPD dilaksanakan pada hari-hari awal masuk tahun ajaran dan dilaksanakan di sekolah dengan melibatkan seluruh siswa baru dan dikelola oleh sekolah melalui suatu kepanitiaan yang dibentuk dibawah kordinasi wakil kepala sekolah urusan kesiswaan.
Bagaimana MOPD dilaksanakan?
Masa orientasi peserta didik dilaksanakan berdasar azas kemanfaatan dan menyenangkan dan disesuaikan dengan budaya sekolah. Kegiatan MOPD merupakan kegiatan pengenalan budaya sekolah kepada peserta didik baru yang mencerminkan idealisme sebuah sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kepanitiaan yang terdiri dari guru dan perwakilan siswa melalui pengurus OSIS.
 
Silahkan Download, Unduh, File Contoh : 


Adapun tujuan lain dari MOS yaitu :
  1. Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru mereka masuki
  2. Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
  3. Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
  4. Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
  5. Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
  6. Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
  7. Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
  8. Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
MOPD atau MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOPD juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

0 comments:

Post a Comment