Tuesday, June 20, 2017

Inilah 5 (Lima) Aplikasi Android Untuk Guru

Sahabat mitazaedu yang berbahagia,,, Guru merupakan pendidik, pengajar, pembimbing, sekaligus pengayom anak didiknya sebagai panutan yang perlu digugu dan ditiru oleh anak didiknya, bahkan oleh semua masyarakat yang ada di lingkungan sekitarnya. Maka dari itu guru yang menjadi pendidik membelikan pendidikan kepada anaknya. 

Dengan demikian pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan seseorang di masa depan, bahkan suatu negara. Ya, semakin tinggi pendidikan warganya, maka sudah dipastikan negara tersebut bakal terus berkembang.

Pesatnya perkembangan teknologi, menuntut sistem pendidikan untuk terus berinovasi. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Bicara tentang pendidikan, tentu tak lepas dari perjuangan para guru atau dosen dalam proses belajar mengajar. Dan berikut Jaka sudah pilih sejumlah aplikasi Android untuk guru inovatif untuk meningkatkan dan mempermudah proses belajar mengajar.

Aplikasi Android Untuk Guru

1. ClassDojo

ClassDojo
Orang tua tentu wajib menyekolahkan anak-anaknya, namun mereka mungkin tidak mengetahui apa yang terjadi di kelas dan apa yang dipelajari oleh anak-anaknya.

Solusi dari masalah tersebut disediakan oleh aplikasi ClassDojo yakni sebuah platform teknologi untuk ruang kelas. Di mana memungkinkan guru, orang tua, dan siswa terhubung satu sama lain dan berkomunikasi.

2. Edmodo

Edmodo
Zaman sekarang mungkin hampir sebagian besar siswa memiliki yang namanya smartphone. Sekolah mungkin tidak harus membatasi siswa untuk menggunakan smartphone mereka.
Sebaliknya, sekolah dan para guru dapat memanfaatkannya untuk menunjang pembelajaran yakni dengan aplikasi edmodo. Aplikasi ini tak hanya dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa saja, namun juga orang tua.
Siswa dapat mengerjakan tugas atau PR dengan menggunakan smartphone. Siswa juga dapat langsung mengetahui berapa nilai mereka.
Kunci jawaban yang benar juga dapat diakses di aplikasi tersebut sebagai bahan koreksi siswa, yang tentunya atas seizin guru. Kemudian orang tua dapat mengetahui rekapan nilai anaknya melalui aplikasi itu.

3. Schoolmedia

Schoolmedia
Selain ClassDojo dan Edmodo, aplikasi Android untuk para guru selanjutnya adalah Schoolmedia. Aplikasi pendidikan ini memberikan kemudahan pada siswa dalam mengecek nilai akademik, data orangtua siswa, histori pembayaran dan lainnya.
Dengan Schoolmedia, siswa akan mendapatkan transparansi nilai akademik, baik dari nilai tugas, nilai UTS/UAS dan lainnya.
Histori pembayaran juga sudah disediakan oleh School Media untuk mendapatkan daftar transaksi yang sudah dilakukan dan informasi lainnya yang berhubungan dengan akademik kepada orang tua.
Selain itu, siswa akan mendapatkan daftar kehadiran dari tiap mata pelajaran tiap semester. Selain memudahkan siswa, aplikasi ini juga sangat meringankan kerja guru.

4. Google Classroom

Google-Classroom
Google memang memiliki banyak aplikasi untuk berbagai keperluan. Mulai dari hiburan, bisnis, sampai pendidikan. Untuk keperluan pendidikan, Google Classroom merupakan aplikasi andalan untuk para guru.
Google Classroom terintegrasi dengan Google Calendar. Melalui fitur ini, secara otomatis Google membuat sebuah kalender untuk setiap kelas di setiap hari guru mengajar.
Guru juga dapat menggunakan kembali posting tugas mereka di kelas dengan tombol 'Reuse post'. Cukup menekan tombol itu, lalu pilih kelas di mana posting tersebut dipublikasikan, lalu edit sesuai keperluan, seperti menambah pertanyaan.
Dengan begitu, guru dapat memilih materi dari kelas lain yang mereka ajar untuk disampaikan kembali di kelas yang berbeda.

5. Ruangguru

Ruangguru
Melalui ini, kamu dapat mengakses ribuan latihan soal lengkap (sesuai topik belajar SD, SMP, dan SMA) dan pembahasannya. Serta menonton 1528 video belajar persiapan UN dan SBMPTN (konsep dan pembahasan soal).

Akhir Kata

Itulah 5 aplikasi Android untuk para guru pastinya yang terbaik dan inovatif. Tentu saja untuk menggunakan aplikasi pendidikan tersebut, perlu kerja sama dengan pihak sekolah dan orang tua. Bagaimana pendapat kamu?
Berikanlah saran sebagai masukan terhadap perbaikan pendidikan kita ini.

0 comments:

Post a Comment