Tuesday, June 20, 2017

Microsoft Wajibkan Sekolah di Indonesia Terapkan Teknologi Dalam Proses Belajar

Era digitalisasi tentunya menjadi peluang yang sangat bagus untuk banyak sektor. Peluang disini tidak hanya bicara mengenai perkembangan ataupun lebih mengarah ke modernisasi belaka. Tapi dengan adanya digitalisasi tentunya bisa memberikan kita banyak manfaat untuk mempermudah pekerjaan. Hal ini bisa kita katakan digitalisasi di dunia pendidikan sendiri menjadi peran penting untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah dan dimanapun kita berada.

Dalam proses belajar mengajar, dengan adanya digitalisasi tentunya mengajarkan semua pihak yang terlibat dapat dengan mudah untuk belajar. Menggunakan teknologi tentunya akan mempermudah siswa berinteraksi dengan guru. Hal ini bisa dari segi komunikasi hingga ke proses bagaimana sistem pendidikan layak digunakan dengan teknologi informasi.

Siswa akan lebih semakin kitis mengenal teknologi sejak dini, hal ini yang menyebabkan perlu adanya pertimbangan guru saat mengajar. Ada banyak metode yang sering digunakan sekolah untuk bisa memanfaakan teknologi informasi mulaid dari bentuk teks, gambar, dan video. Tentunya konten-konten edukatif tersebut akan lebih menarik minat belajar disekolah. Salah satu contoh adalah penggunaan Google apps for Education yang bisa berkolaborasi, realtime, dan mempermudah proses belajar mengajar secara offline maupun online.

Selain itu, pemanfaatan website yang digunakan oleh sekolah dapat membantu proses administratif dengan cepat. Seperti contoh yang bisa kita ketahui bisa dimanfaatkan untuk menggunakan sistem absen yang menggunakan digital. hal ini tentunya akan membantu sekolah agar proses lebih cepat, laporan lebih cepat, hingga menghasilkan kesimpulan yang lebih cepat nantinya.
Proses administrasi dengan menggunakna teknologi juga terbilang sangat bagus, dari Google for Education menyediakan email sekolah unlimited, hingga penyimpanan unlimited untuk pengguna sekolah sehingga akan mempermudah proses administrasi tanpa harus menggunakan banyak kertas sekaligus.
IDcloudHost melalui program Ekabima memberikan fasilitas Wesbsite dan Google for Education GRATIS untuk seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Program ini sudah diikuti oleh lebih 300 sekolah di Indonesia. Program ini gratis dan sekolah bisa mendaftar pada link berikut : https://idcloudhost.com/ekabima/
Sumber : https://idcloudhost.com
Microsoft Wajibkan Sekolah di Indonesia Terapkan Teknologi Dalam Proses Belajar


Sekarang ini para siswa dari mulai SD hingga SMA tentunya sudah menggenggam yang namanya smartphone. Ya, teknologi sudah melengkapi hidup kita sekarang ini. Proses belajar mengajar pun turut diperbarui. Beda banget ya sama kita yang sekolah pada abad ke 20, smartphone masih merupakan barang mewah.

Babak baru pendidikan Indonesia telah dimulai dengan hadirnya sistem pembelajaran abad 21. Sistem pembelajaran ini berfokus pada pengembangan kemampuan murid dalam hal komunikasi, kolaborasi, komputasi, serta pola pikir kritis dan kreatif, yang dapat dicapai dengan dukungan teknologi.
Lihat dan pelajari juga :
  • Media Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi


Lihat juga : 

  • Top 5 Animation Effects & Tricks in Powerpoint 2016 - Best Slideshow Hacks


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Jp9EYXErle4

Download / Unduh :
Microsoft Dorong Guru Sebagai Pendidik Terapkan Sistem Pembelajaran Abad 21
Sistem baru ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para guru yang lahir sebagai digital immigrants untuk memenuhi ketertarikan serta kebutuhan siswa yang mayoritas lahir sebagai digital natives. Data menunjukkan persentase penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan Indonesia masih berada di kisaran 20%. Namun, berpegang teguh pada ajaran Ki Hajar Dewantara yang berbunyi "Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani". Guru-guru Indonesia pun berupaya menjawab tantangan tersebut agar dapat senantiasa memotivasi dan menginspirasi murid-murid mereka.

Sebagai bagian dari komitmen Microsoft dalam membantu guru menerapkan sistem pembelajaran abad 21, Microsoft menyelenggarakan program Microsoft Innovative Expert Educators (MIEE). Program ini memungkinkan para pengajar terpilih dari seluruh dunia untuk menjadi duta dan berbagi pengetahuan ke sesama pengajar tentang pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar.


Secara global, Microsoft juga telah membuat Microsoft Educator Community yang menjadi wadah bagi para guru dari seluruh dunia untuk memberikan dan mendapatkan pengembangan kapasitas profesional, membangun kurikulum, serta menyediakan sumber daya yang mampu meningkatkan metode belajar mengajar berbasis digital.

"Di Microsoft, kami percaya bahwa menyediakan pendidikan yang berkualitas untuk 1,4 miliar siswa di seluruh dunia penting untuk masa depan. Oleh sebab itu, Microsoft mendukung pendidikan berbasis teknologi dengan menyediakan program-program edukasi bagi pelajar maupun guru. Kami percaya teknologi dapat memperluas kekuatan pendidikan, mengembangkan potensi murid, guru, dan sekolah," ungkap Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesia.

Lebih lanjut Benny mengungkapkan, "Sejak 2012, lebih dari 60 guru di Indonesia telah tergabung dalam MIEE. Ke depannya, Microsoft berharap program ini dapat menjangkau lebih banyak tenaga pengajar agar kualitas tenaga pengajar di Indonesia dapat semakin baik dan berdampak pada pendidikan Indonesia yang lebih berkualitas."

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei lalu, Microsoft Indonesia menghadirikan tiga guru inovatif dari wilayah suburban, yaitu Eko Purwanto, guru SDN Wonokerto Magelang, serta Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti, guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul.

Eko Purwanto sukses menggunakan Skype untuk memberikan materi sejarah Candi Borobudur kepada murid-muridnya, sementara Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti berhasil memanfaatkan e-rapport untuk mempermudah proses pemasukkan dan analisa nilai siswa. Sekalipun bukan berasal dari daerah perkotaan, ketiga guru ini berhasil menembus permasalahan infrastruktur untuk menjadi contoh inspiratif bagaimana guru Indonesia dapat memanfaatkan teknologi dalam membangun sistem belajar mengajar yang lebih interaktif.

Tak dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini merupakan dasar untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan suatu negara didasarkan atas seberapa jauh ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai oleh negara tersebut.
Sumber : https://jalantikus.com

Sebagai negara yang masih berkembang, Indonesia dianggap belum terlalu maju dalam penguasaan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mari kita dorong pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, untuk Indonesia lebih maju. Bagaimana pendapat kamu? Mari kita berdiskusi di kolom komentar di bawah ini.

0 comments:

Post a Comment