Wednesday, May 17, 2017

ANALISIS-PEMETAAN MATERI KEPRAMUKAAN SD/MI KELAS 1,2,3,4,5,6 KURUKULUM 2013

ANALISIS-PEMETAAN MATERI KEPRAMUKAAN SD/MI KELAS 1,2,3,4,5,6 KURUKULUM 2013 - Salam Pramuka,,,, http://www.librarypendidikan.com/ 

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Unduh :
Pemetaan Materi Kepramukaan SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Kurikulum 2013 : Dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 Sekolah diwajibkan menyelenggrakan ektrakurikuler wajib yaitu pendidikan kepramukaan. Hal ini berdasarkan Permendikbud Nomor 63 tahun 2015. Ekstrakurikuler wajib berarti ektrakurikuler tersebut wajib diikuti oleh seluruh peserta didik, kecuali karena hal-hal tertentu yang tidak memungkinkan peserta didik mengikutinya.

Kepramukaan (latihan pramuka) ditetapkan menjadi ekstrakurikuler wajib di tingkat Sekolah Dasar (SD/MI), SMP dan MTs, serta SMA, MA, dan SMK. Sebagai ekstrakurikuler wajib, kepramukaan harus diikuti oleh seluruh peserta didik dalam sekolah tersebut. Karenanya, pelaksanaan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib dalam kurikulum 2013 diorganisasikan dalam model-model tertentu.

Dengan adanya Pemetaan Materi Kepramukaan SD/MI Kelas 1 Kurikulum 2013 ini semoga dapat membantu para kakak-kakak pembina dalm melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di sekolahnya masing-masing.

Silahkan Download Analisis-Pemetaan Materi Kepramukaan SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Kurikulum 2013 di bawah ini !

1.    Pemetaan Materi Kepramukaan Kelas I
2.    Pemetaan Materi Kepramukaan Kelas 2
3.    Pemetaan Materi Kepramukaan Kelas 3
4.    Pemetaan Materi Kepramukaan Kelas 4
5.    Pemetaan Materi Kepramukaan Kelas 5
6.    Pemetaan Materi Kepramukaan Kelas 6

 

Salam Pramuka,,,,  http://www.librarypendidikan.com

0 comments:

Post a Comment