Tuesday, May 30, 2017

Aplikasi PKG Plus PKB Berbasis Microsoft Excel Terlengkap dalam Satu Unduhan


Aplikasi PKG Plus PKB Berbasis Microsoft Excel Terlengkap dalam Satu Unduhan  – Sahabat Blog www.librarypendidikan.com,,, Dalam pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru  (PKG) meliputi 2 aspek penilaian, yaitu penilaian formatif dan sumatif. Secara umum dalam satu tahun pelajaran, sekurang-kurangnya pelaksanaan penilaian kinerja guru (PKG) sebanyak dua kali yaitu pada awal tahun pelajaran dan akhir tahun pelajaran. Artinya setiap semester, guru akan dinilai kinerjanya oleh Kepala Sekolah.

Rekan Guru Ada 2 (dua) fungsi utama PKG, diantaranya yaitu :
1.    Sebagai penilaian kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM), pembimbingan/ pelaksanaan tugas tambahan yang berhubungan dengan fungsi sekolah atau madrasah.
2.    Sebagai sarana dalam penghitungan angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan hubungannya dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukan pada tahun tersebut.

Aplikasi PKG Plus PKB Berbasis Microsoft Excel Terlengkap dalam Satu Unduhan
 
Selanjutnya adalah implementasi PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Pengembangan keprofesian berkelanjutan seyogyanya harus dilaksanakan berdasarkan kebutuhan dari guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud disini adalah adalah kebutuhan untuk mencapai atau meningkatkan kompetensi di atas standar kompetensi profesi seorang guru. Hal ini tentunya juga akan berimbas pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Sahabat semua blog Library pendidikan, PKG ini kami sediakan dalam 1 file saja, sehingga tidak repot mendownload/mengunduh 1 per satu.  Tujuannya untuk mempermudah Penilaian Kinerja Guru dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Sekolah untuk semua rekan Guru, Kepala Sekolah, Kepala Bengkel, Guru Bimbingan Konseling, Kepala Perpustakaan dan Wakil Kepala Sekolah.
Isi file yang di download ini meliputi :- Aplikasi PKG Kepala Sekolah
- Aplikasi PKG Kepala Bengkel
- Aplikasi PKG Kepala Perpustakaan
- Aplikasi PKG Kepala Bengkel
- Aplikasi PKG (Plus PKB) Guru Kelas dan Mata Pelajaran
- Aplikasi PKG Guru Bimbingan Konseling/BK
- Aplikasi PKG Wakil Kepala Sekolah
- Aplikasi PKG Kepala Bengkel
- Aplikasi PKG (non PKB) Guru Kelas dan Mata Pelajaran
 
Screenshot Cover PKG
Screenshot/tampilan Perangkat PKG

unduh / download juga file penting lainnya di bawah ini :
Sebagai tambahan Tentang Dasar Hukum PKG

Peraturan  Menteri  Negara Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan  Reformasi  Birokrasi
No.16/2009 tentang  Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.
Latar Belakang Terbitnya Permenegpan dan RB No.16/2009

Guru merupakan subsistem penting yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan proses pembelajaran dan mutu peserta didik.
Reformasi pendidikan yang ditandai dengan terbitnya berbagai undang-undang dan peraturan terkait dengan peningkatan mutu pendidikan antara lain:

•       Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
•       Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,
•       Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
•       Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru.

Menurut data NUPTK November 2010 terdapat 2.791.204 guru orang guru yang perlu ditingkatkan kompetensi dan profesionalitasnya
Perlu dilakukan berbagai penyesuaian dalam mereformasi guru, dan salah satunya adalah dengan diterbitkannya Permennegpan dan RB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Peraturan baru ini merupakan pengganti dari Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Peraturan baru ini, terdiri dari 13 Bab dan 47 pasal, secara keseluruhan peraturan ini mengandung semangat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru sebagai tenaga profesional yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Pasal 4
Peraturan ini terbit dalam rangka memberi ruang dan mendukung pelaksanaan tugas dan peran guru agar menjadi guru yang professional. Perubahan peraturan ini diharapkan berimplikasi terhadap peningkatan mutu, kreatifitas, dan kinerja guru.
Salah satu perubahan mendasar dalam peraturan ini adalah adanya Penilaian Kinerja Guru yang sebelumnya lebih bersifat administratif menjadi lebih berorientasi praktis, kuantitatif, dan kualitatif, sehingga diharapkan para guru akan lebih bersemangat untuk meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya.

Demikian Aplikasi PKG Berbasis Excel ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke Blog www.librarypendidikan.com, untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia pendidikan.

0 comments:

Post a Comment