Monday, May 29, 2017

Pengolahan Pencapaian Target Kurikulum Dengan Excel

Pengolahan Pencapaian Target Kurikulum yang menggunakan format microsoft excel ini khusus untuk sekolah dasar (SD) dan Blog Edu tau mitazaedu.blogspot.com membagikan hal ini dengan tujuan untuk mengantisipasi sekolah yang memang disibukan dengan pekerjaan yang lain terutama bersamaan dengan waktu yang begitu sedikit setelah pelaksanaan ujian sekolah, UKK dsb termasuk bulan ini yaitu bulan puasa bagi umat muslim sangatlah memelahkan, tetapi ibadah jangan terganggu oleh kegiatan apapun, kami percaya bahwa semua yang dikerjakan merupakan tulus ikhlas karena Allah SWT semata.

Bahwa taraf serap dan pencapaian kurikulum merupakan salah satu tugas guru yang dibuat setelah pelaksanaan ujian selesai. Taraf serap dan pencapaian dibuat dalam bentuk laporan f1-A (Format Pencapaian Target Kurikulum, Ketuntasan Belajar dan Taraf Serap Kurikulum hasil UKK/UAS) dan F1-B (Format Pencapaian Ketuntasan Belajar Berdasarkan Hasil Nilai Akhir/Rapor). Laporan F1-A dan F1-B yang dikumpulkan oleh guru akan direkapitulasi dalam bentuk laporan F2-A (Rekapitulasi Pencapaian Target Kurikulum Nilai UAS/UKK dan Taraf Serap dari setiap Kelas) dan F2-B (Rekapitulasi Pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)). Setelah direkap laporan tersebut akan diserahkan atau dilaporkan kepada UPT. setempat

Banyaknya pekerjaan dan tugas guru pada akhir semester terkadang membuat sebagian guru tidak mampu menyelesaikan seluruh tugas di akhir semester. Pengerjaan tugas akhir semester adalah pada masa classmeeting siswa selama satu minggu setelah ujian sekolah atau ujian kenaikan kelas selesai. Mulai dari koresi hasil ujian, merekap semua nilai, perhitungan nilai rapor, penulisan rapor dan legger, hingga laporan taraf serap dan pencapaian kurikulum.

Bahwa yang dishare ini adalah Master Pencapaian Target Kurikulum mulai dari kelas 1,2,3,4,5,6, SD serta Rekapitulasinya.

Selengkapnya silahkan unduh di bawah ini.


Semoga Bapak Ibu terbantu. Amin

0 comments:

Post a Comment