Sunday, May 28, 2017

Buku/Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Bagi Guru

Buku/Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Bagi Guru - Rekan guru semuanya www.librarypendidikan.com,,,kali ini memposting buku pelatihan pendidikan karakter khusus untuk guru.
Pentingnya Pendidikan Karakter
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan kelanjutan dan revitalisasi gerakan nasional pendidikan karakter yang telah dimulai pada 2010. Gerakan penguatan pendidikan karakter menjadi semakin mendesak diprioritaskan karena berbagai persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan bangsa seperti maraknya tindakan intoleransi dan kekerasan atas nama agama yang mengancam kebinekaan dan keutuhan NKRI, munculnya gerakan-gerakan separatis, perilaku kekerasan dalam lingkungan pendidikan dan di masyarakat, kejahatan seksual, tawuran pelajar, pergaulan bebas dan kecenderungan anak-anak muda pada narkoba.
Selain persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan bangsa, Indonesia juga menghadapi tantangan menghadapi persaingan di pentas global, seperti rendahnya indeks pembangunan manusia Indonesia mengancam daya saing bangsa, lemahnya fisik anak-anak Indonesia karena kurang olah raga, rendahnya rasa seni dan estetika serta pemahaman etika yang belum terbentuk selama masa pendidikan. Berbagai alasan ini telah cukup menjadi dasar kuat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk kembali memperkuat jati diri dan identitas bangsa melalui gerakan nasional pendidikan dengan meluncurkan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang akan dilakukan secara menyeluruh dan sistematis pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Tujuan
Tujuan modul adalah untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan kepada kepala sekolah agar dapat menerapkan
Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah melalui pendekatan pendidikan karakter berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat sesuai dengan potensi lingkungan dan kearifan lokal yang ada.

Sasaran
Buku Modul Penguatan Pendidikan Karakter pertama-tama dibuat sebagai pegangan dan panduan bagi para fasilitator provinsi dan sekolah. Fasilitator provinsi dapat memberikan pelatihan dalam buku ini kepada kepala sekolah yang ditunjuk atau kepada sekolah yang melakukan PPK secara mandiri. Fasilitator sekolah mempergunakan materi pelatihan di dalam buku ini untuk diterapkan di sekolah masing-masing dan mengimbaskannya ke sekolah sekitar. Fasilitator dan kepala sekolah dapat memanfaatkan buku ini sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk memahami Program PPK sesuai dengan tugas dan kewajibannya.
Sasaran pembuatan modul Penguatan Pendidikan Karakter adalah sebagai berikut:
a. modul ini dipergunakan terutama untuk para fasilitator provinsi dan fasilitator sekolah yang akan melatih kepala sekolah atau mendampingi kepala sekolah di sekolah imbas.
b. modul ini juga dapat menjadi bahan bacaan dan pembelajaran mandiri oleh kepala sekolah dalam rangka penguatan kapasitas implementasi PPK di lingkungannya masing-masing.
 
Pembagian Materi Modul
Materi Pelatihan terdiri dari 6 Modul pelatihan, yang terstruktur sebagai berikut:
Modul 1-Kebijakan dan Konsep Dasar PPK
Materi: Latar belakang, alasan, urgensi, narasi kebijakan, dan regulasi tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Modul 2-PPK Berbasis Kelas
Materi: Memahami pengelolaan kelas, metodologi pembelajaran dalam rangka pembelajara tematik maupun terintegrasi
Modul 3-PPK Berbasis Budaya Sekolah
Materi: Memahami PPK berbasis budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, cara memilih, evaluasi tata peraturan dan pembiasaanpembiasaan di sekolah
Modul 4-PPK Berbasis Masyarakat
Materi: Penguatan PPK melalui berbagai macam program kegiatan dalam kerja sama dengan komunitas, lembaga, dan para pemangku kepentingan lain, peranan orang tua dan komite sekolah
Modul 5-Penilaian dan Evaluasi PPK
Materi: Cara, pelaku, metode dan indikator-indikator dalam mengevaluasi keberhasilan PPK
Modul 6-Desain Rencana Tindak Lanjut
Materi: Mendesain Rencana Tindak Lanjut Guru dan Presentasi
 
unduh :

Setelah mengikuti sesi dalam modul ini peserta dapat memahami:
1. latar belakang dan urgensi program Penguatan Pendidikan Karakter,
2. konsep dasar penguatan pendidikan karakter pada jenjang pendidikan dasar,
3. prinsip-prinsip implementasi dan pengembangan PPK,
4. nilai-nilai utama Penguatan Pendidikan Karakter, dan
5. implikasi kebijakan bagi pengembangan program PPK.
Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam librarypendidikan

0 comments:

Post a Comment