Tuesday, May 16, 2017

PANDUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2017.C INPUT NILAI US/USBN DAN RAPOR

PANDUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2017.C INPUT NILAI US/USBN DAN RAPOR - Sahabat Operator, para GTK Library Pendidikan semua,,, pada kesempatan ini para oerator sekolah dan para GTK/PTK sudah bisa dan memulai input nilai Ujian Sekolah/Ujian Sekolah Berstandar Nasional (US/USBN) dan Rapor.

Sebelum mengunduh simak penjelasannya berikut ini. 
Pendahuluan
Sistem pendataan Dapodik pada tahun 2017 telah memasuki tahap peningkatan kualitas sistem pendataan untuk kebutuhan pemanfaatan program pembangunan pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendukung kebutuhan tersebut, pemutakhiran Aplikasi Dapodik yang kantinyu serta verifikasi dan validasi data diperlukan dalam tahapan ini guna memenuhi kebutuhan data yang benar, lengkap, mutakhir, dan akurat dalam perencanaan program pembangunan pendidikan.


Data dari sistem pendataan Dapodik digunakan oleh program utama Kementerian seperti BOS, Aneka Tunjangan Guru, Ujian Nasional, Rehab, Bantuan RKB, dan program lainnya. Pemanfaatan sistem pendataan dapodik pada tahun 2017 bertambah kuat pada program pendataan nilai peserta didik. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, sistem pendataan Dapodik mengembangkan pembaruan versi yaitu Aplikasi Dapodi Versi 2017-C. Pada versi ini pembaruan berfokus pada pendataan nilai US/USBN dan Rapor.

Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c
Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c berfokus pada pendataan hasil evaluasi pendidikan dalam bentuk nialai akhir dari peserta didik. Melengkapi pembaruan versi sebelumnya, pada versi 2017.c semua satuan pendidikan dapat menggunakan menu nilai (SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB). Terdapat pula beberapa perbaikan dalam rangka menyempurnakan menu nilai untuk digunakan di satuan pendidikan. Berikut daftar dari pembaruan versi 2017.c

Pada beranda aplikasi akan terlihat menu baru yaitu kelompok menu NILAI. Kelompok menu nilai berisi 2 sub menu yaitu menu RAPOR dan US/USBN. Menu RAPOR memiliki fungsi untuk menginput nilai rapor yang diterbitkan setiap semester. sedangkan menu US/USBN memiliki fungsi untuk menginput nilai US dan USBN dari peserta didik tingkat akhir yang diselenggarakan di semester genap setiap tahun ajaran.


Pengisian nilai dapat pula dilakukan melalui aplikasi e-rapor. Pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c sudah dapat terintergrasi dengan e-rapor SMA Versi 2017. Deskripsi dari setiap pembaruan dan perbaikan akan dibahas bersamaan dengan penjelasan teknis terkait persiapan data dan cara input nilai pada bab selanjutnya. 

1) Target Pendataan Nilai Tahun 2017
Pendataan nilai peserta didik ditujukan bagi satuan pendidikan dibawah DITJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD yaitu satuan pendidikan pada jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Pada periode pendataan tahun 2017 target pendataan nilai US/USBN adalah data nilai US/USBN semester genap tahun ajaran 2016/2017.
Pendataan nilai Rapor memiliki target yang cukup banyak yaitu terkumpulnya data nilai Rapor semua tingkat kelas pada semester :
2) Peran Pengguna
Kewenangan input data nilai diberikan kepada guru dan wali kelas. Operator sekolah bertugas sebagai administrator dimana dapat mengakses pengaturan mata evaluasi serta pengaturan akun agar guru dan wali kelas dapat login ke aplikasi dapodik.
3) Prosedur Input Data
Dalam rangka menjaring data nilai yang memiliki kualitas baik maka disusun prosedur penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2017.c. Prosedur ini diharapkan diikuti oleh sekolah dalam pelaksanaan pendataan nilai peserta didik. kegiatan yang dilakukan meliputi proses persiapan dan proses input nilai. 
  • Prosedur pendataan nilai US/USBN 


4) Tampilan dan Pengenalan Menu
Berikut adalah tampilan dari menu nilai Rapor dan nilai US/USBN pada Aplikasi Dapodik versi 2017.c
 unduh :


unduh juga :

Demikianlah panduan aplikasi dapodik versi 2107.c input nilai Us/USBN dan Rapor yang dapat kami sampaikan.

0 comments:

Post a Comment